Sekilas Tentang Oracle Developer

Dalam kesempatan Kali ini Ane mau ngeshare Tentang Oracle Developer yang dapat membantu kalian semua dalam memahami Oracle Developer.


Oracle Developer


Oracle merupakan suatu produk yang mendukung desain, kreasi dan menjalankan aplikasi melalui platform yang berbeda dan memiliki tool-tool yang mudah digunakan untuk mendesain, mengembangkan dan mengakses data dari oracle itu sendiri seperti Oracle Designer dan Oracle Developer.

Selain itu, Oracle Developer memungkinkan developer untuk membangun sistem dengan performa yang tinggi, memiliki GUI (Graphical User Interface) yang baik, Database Client-Server dan Teknologi Web memudahkan kita untuk menggunakannya. Disamping itu juga Oracle Developer ini memiliki Interface dan Karakteristik umum yang memudahkan user dalam penggunaannya, serta dalam mendesain elemen modular (berbentuk Modul-modul) dan kemudian dapat digunakan kembali (reusable).

Karakteristik Utama Oracle Developer

  • Mendukung GUI yang Komprehensif.
  • Aplikasi yang mudah didistribusikan.
  • Tools yang komprehensif.
  • Mendukung berbagai macam aplikasi.
  • Source Kontrol yang fleksibel.
  • Scalability (Kemampuan untuk terus berfungsi dengan baik meskipun diubah ukuran atau volumenya).
  • Berorientasi Object.

Di samping itu jga Oracle Developer ini memliki Kelebihan yang dapat menguntungkan bagi penggunanya, antara lain :

Kelebihan Oracle Developer

  • Wizard untuk memudahkan tugas yang dikerjakan berulang-ulang.
  • Visual Query Builder sebagai eksekusi Statemen SQL yang berdiri sendiri dan sebagai utilitaas yang tersimpan di dalam reports.
  • Mendukung Client yang berjalan pada Microsoft Messaging Application Program Interface (MAPI) untuk memudahkan distribusi report
  • Open Application Programming Interface (APIs), memungkinkan developer untuk memanipulasi sebuah file dan penyediaan program interface yang sangat cepat.

Demikian kelebihan Oracle Developer yang memanjakan penggunanya dengan Komponen-komponen yang kompleks dan mudah untuk digunakan. Berikut adalah Komponen-komponen yang ada pada Oracle Developer :

Komponen-komponen Oracle Developer

  • Oracle Designer

Oracle Designer merupaka tool-tool oracle yang digunakan untuk mendesain sistem informasi dan men-generate-nya menjadi sebuah kode program. Setelah Men-generate Sistem Informasi, Developer dapat mengedit kode program yang dihasilkan dengan menggunakan Oracle Developer Suite.

  • Designer Documentation

Oracle Designer Documentations berisi dokumentasi tentang cara mendesain sistem dengan menggunakan Oracle Designer.

  • Oracle JDeveloper

JDeveloper merupakan IDE (Integrated Development Environment) gratisan dari Oracle, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk membangun aplikasi dengan Java, XML, SQL dan PL/SQL, HTML, Javascript, BPEL (Business Process Execution Language) dan PHP.

JDeveloper melingkupi seluruh siklus pengembangan mulai dari desain hingga coding, debugging, optimasi, dan profiling untuk melakukan deploying.

Dengan JDeveloper, Oracle mempunyai tujuan untuk melakukan penyederhanaan pengembangan aplikasi dengan berfokus pada pendekatan visual dan deklaratif.

  • Oracle Forms Developer

Merupakan sebuah tool untuk membuat desain visual yang dirancang khusus berpasangan dengan Database Oracle.

  • Oracle Reports Developer

Merupakan sebuah tool untuk membuat laporan yang memungkinkan pengguna dengan cepat mengembangkan dan menyebarkan laporan tersebut ke setiap sumber data, memanfaatkan teknologi J2EE terbaru, seperti JSP dan XML dan dapat pula mempublikasikan laporan tersebut dalam berbagai format dengan cara Scalable Efisien.

Setelah kita mengenal komponen-komponen Oracle Developer, selanjutnya saya jelaskan tentang Object Navigator dan object-object yang terdapat dalam modulnya, yaitu sebagai berikut.

Apa itu Object Navigator?

Merupakan sebuah struktur objek pada sebuah modul yang sedang terbuka atau di kelompokkan berdasarkan simpul-simpul tertentu.

Object Triggers

Object Triggers adalah sebuah blok dari kode PL/SQL yang ditulis untuk sebuah fungsi tertentu yang berhubungan dengan sebuah event di dalam aplikasi. Setiap trigger mempunyai sebuah nama dan berisi satu/lebih perintah PL/SQL dan memiliki 4 Bentuk Trigger, yaitu :

  1. PRE : Trigger akan diaktifkan sebelum suatu Event dijalankan.
  2. POST : Trigger akan diaktifkan setelah suatu Event dijalankan.
  3. When : Trigger akan diaktifkan pada saat suatu Event dijalankan.
  4. Key : Trigger akan diaktifkan pada saat ditekan suatu tombol tertentu.

Object Alerts

Object Alert adalah sebuah window yang menampilkan pesan kepada user pada beberapa kondisi aplikasi dan memberikan peringatan kepada user dari situasi yang tidak umum atau memberikan peringatan atas aksi yang dilakukan user. Object ini memiliki 3 Tipe Alert dan memiliki tingkat pesan yang berbeda-beda, yaitu : Stop, Caution dan Note.

Object Attached Libraries

Object Attached Libraries menampilkan kumpulan dari subprogram, termasuk Prosedur (Procedure), Fungsi (Function) dan package yang dapat dipanggil dari modul lain di dalam aplikasi.

Object Data Blocks

Object Data Blocks adalah sebuah Kontainer yang berisi sekelompok Objek, misalnya : Text Item, List dan Button. Sebuah Data Block mempunyai properti yang dapat dimodifikasi dan digunakan untuk mengelompokkan objek-objek ke dalam fungsi tertentu, misalkan : untuk menyimpan, menampilkan dan memanipulasi sebuah record dalam database

Object Canvases

Object Canvases adalah sebuah permukaan dari sebuah window yang merupakan tempat dimana semua objek diletakkan dan ditampilkan pada sebuah aplikasi.

Object Editors

Object Editors merupakan sebuah objek yang dipergunakan untuk melakukan editing text dan mempunyai fungsi-fungsi standar editing, termasuk fungsi untuk melakukan pencarian teks.

Object LOVs

Object LOV (List Of Values) merupakan sebuah kumpulan field di dalam sebuah tabel atau beberapa tabel yang dikelompokkan menjadi sebuah kesatuan. Selain itu LOV dan Record Group merupakan satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan. Mengapa? dikarenakan jika membuat sebuah LOV, maka sebuah Record Group yang berhubungan dengan LOV tersebut akan terbentuk.

Object Groups

Object Groups merupakan sebuah kontainer yang menampung sebuah group objek dan memberikan sebuah jalan untuk menyatukan objek-objek tersebut menjadi satu kesatuan blok besar yang dapat digunakan oleh bagian lain aplikasi.

Object Parameters

Object Parameters biasanya digunakan untuk mengirim sebuah nilai ke form lain pada saat form tersebut digunakan.

Object Popup Menus

Object Popup Menus merupakan sebuah menu yang dapat dihubungkan dengan sebuah item atau canvas, yang memungkinkan user mendapatkan akses langsung pada sebuah fungsi tertentu.

Object Program Units

Object Program Units merupakan sebuah objek yang mewakili sebuah nama unit dari sekumpulan perintah PL/SQL yang membentuk fungsi tertentu.

Object Property Classes

Object Property Classes merupakan sebuah nama objek yang berisi daftar dari properti beserta pengaturannya dan dapat dipindahkan diantara objek yang satu dengan yang lain. selain itu juga object ini dapat di-copy pada modul yang berbeda.

Object Reports

Object Reports merupakan sebuah perwakilan modul report yang dibuat menggunakan Oracle Report Builder.

Object Visual Attributes

Object Visual Attributes terdiri dari font, color dan pattern property yang dapat diterapkan pada form dan menu yang berhubungan dengan desain interface aplikasi.

Object Windows

Object Window merupakan kontainer dari sebuah objek visual untuk membuat sebuah Aplikasi Form Builder, termasuk Canvas dengan beberapa item yang berhubungan dengan tanggapan user pada saat aplikasi dijalankan dan memiliki banyak window.

Selain dari banyaknya Object Navigator tersebut diatas. setiap object dapat melakukan perubahan dengan menggunakan Property Palette, yang memiliki pengertian sebagai berikut :

Property Palette

Property Palette adalah tempat dimana kita dapat melakukan perubahan atas properti-properti yang dimiliki oleh setiap objek. Ketika kita memilih sebuah objek pada Objek Navigator, maka properti-properti yang dimiliki oleh objek tersebut akan ditampilkan pada Property Palette. Selain itu Property Palette ini memiliki item-item yang berguna untuk memenuhi kebutuhan Object, yaitu :

  • Property List

Memiliki dua(2) kolom, yaitu : names dan value.

User dapat memilih property di dalam list dengan cara mengklik mouse pada property tersebut atau menggunakan tombol Up/Down pada keyboard.

  • Name

Kolom name menunjukkan nama objek yang dipilih pada Objek Navigator.

Sekian dulu dari ane penjelasan tentang Oracle Developer, semoga bagi yang membacanya bisa lebih bermanfaat. Terima Kasih.



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama